Departemen SKPM sebagai Host Cyber Extension IPB

Departemen SKPM sebagai Host Cyber Extension IPB

[BEM FEMA IPB] Cyber extension IPB adalah layanan website untuk informasi pertanian. Melalui layanan ini, petani, penyuluh maupun praktisi pertanian di Indonesia dapat saling berinteraksi untuk suatu topik pertanian tertentu. Cyber extension ini merupakan gagasan Prof. Dr. Sumardjo (Guru Besar FEMA IPB) untuk menyediakan sarana komunikasi antara pakar IPB dengan petani di Indonesia.

Dalam pengelolaannya, yang menjadi Host untuk portal ini adalah LPPM IPB, Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat FEMA IPB dan Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB. Hadirnya portal ini diharapkan antara pakar IPB dengan penyuluh dan petani Indonesia dapat saling berkomunikasi dan belajar secara interaktif. Cyber extension dapat dilihat disini http://e-penyuluhan.skpm.ipb.ac.id.

Bagi kami, pengurus lembaga kemahasiswaan IPB terutama BEM FEMA IPB, hadirnya portal ini tentu sangat memudahkan untuk mencari bahan dalam rangka melakukan pendampingan di masyarakat. Petani punya pengetahuan dalam praktek, IPB memiliki pengetahuan dengan riset-risetnya. Sebuah kolaborasi yang akan memperkuat pertanian Indonesia di masa yang akan datang. (MSI)