Kumpul Ramah FEMA (Kurma) PART 2

Tanggal 5 Oktober 2013 menjadi salah satu hari yang inspiratif baik bagi mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) maupun civitas Akademika lainnya di IPB karena pada hari tersebut terselenggara kegiatan Kumpul Ramah FEMA (KURMA) yang merupakan salah satu program kerja dari Departemen Kajian Srategis dan Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa (Kaskemah) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia (BEM FEMA) Institut Pertanian Bogor untuk meningkatkan pemahaman dan menciptakan kecerdasan pada mahasiswa sebagai peranannya terhadap pembangunan lingkungan dan ekonomi masyarakat.

Acara ini merupakan lanjutan kegiatan kajian rutin Mahasiswa FEMA bersama stakeholder terkait yang dilaksanakan dalam bentuk kajian terbuka untuk membahas dan menyampaikan materi tentang “Dampak Konversi Lahan Pertanian ke non-Pertanian terhadap Ekonomi dan Lingkungan di Bogor” dengan Pembicara 1 yaitu Hari Yanto yang merupakan Wakil Regional Jawa Barat ‘Komunitas Telapak’ dan merupakan salah satu pendiri Komunitas Ciliwung dan Cisadane (aspek lingkungan). Pembicara 2 adalah Alfian Helmi yang merupakan mahasiswa alumni Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat 44. Kegiatan ini berlangsung mulai 19.10 sampai 20.45 WIB dengan penyampaian materi selama 30 menit dan sesi diskusi selama 20 menit serta dihadiri oleh 50 orang peserta.

Acara dimulai dengan pembukaan dari MC oleh Khairun Nisa Mutma’inah dan dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhamad Rivqi Zaelani yang merupakan ketua Departemen Kaskemah. Kemudian sambutan dari Ketua Pelaksana Luki Setiawan dilanjutkan Sambutan dari Ketua BEM FEMA Rici Tri Harpin Pranata. Acara dilanjutkan kepada acara inti yaitu sesi kajian yang dibuka sebelumnya oleh Moderator Faizal Ainul Adha. Moderator membuka sesi kajian dengan memaparkan kondisi Bogor yang dulunya merupakan kota yang dingin namun sekarang sudah menjadi kota yang panas seperti kota Jakarta. Kemudian acara diserahkan kepada pembicara dengan pemaparan materi tentang Membangun Kesetaraan dari Hulu-Hilir oleh Pembicara 1 dan Hubungan Lingkungan dengan Aspek Ekonomi oleh Pembicara 2. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan sesi tanya jawab bersama peserta serta penutup yang merupakan simpulan dari Moderator terkait kajian yang telah didiskusikan tersebut.

Kajian ini diharapkan dapat membuka wawasan dan integritas mahasiswa FEMA khususnya dan IPB umumnya untuk dapat menyikapi dampak konversi lahan pertanian ke non-pertanian terhadap ekonomi dan lingkungan masyarakat Kota Bogor terutama di masa yang akan datang.
Salam hangat dari Kaskemah, “Semangat berkontribusi untuk negeri. Ini Indonesia yang kita cintai, kan? Indonesia yang menyediakan kenangan tak terbatas tentang kehidupan. Ini Indonesia yang mencintai kita, kan? yang menyediakan hara, cinta dan pendidikan bagi anak-anaknya.